Spanyol larang bendera Catalan berkibar pada final Copa del Rey

Spanyol larang bendera Catalan berkibar pada final Copa del Rey

Kepolisian Spanyol melarang “Estelada” atau bendera kemerdekaan Catalan muncul pada laga final Piala Raja Spanyol (Copa del Rey) yang mempertemukan Barcelona melawan Sevilla, Minggu (22/5).

Pada keputusan yang dibuat Rabu waktu Spanyol lalu, setiap penonton yang hadir tidak diizinkan membawa bendera ke dalam Stadion Vicente Calderon di Madrid, tempat laga itu akan berlangsung.

Tindakan pencegahan dilakukan agar insiden munculnya bendera Katalan pada final Copa del Rey tahun lalu yang dimenangkan Barcelona di Camp Nou tidak terulang karena melanggar peraturan sepak bola Spanyol.

“Olahraga pada umumnya dan sepak bola pada khususnya tidak boleh digunakan dalam konfrontasi politik,” kata Maria Concepcion Dancausa dari delegasi pemerintah Spanyol seperti disebut Marca, Kamis.

Selain Estelada, simbol xenofobia juga akan dilarang memasuki stadion.

Setidaknya 2.500 petugas mencakup polisi, penjaga keamanan, dan anggota Palang Merah akan berjaga di stadion selama pertandingan.

Pihak keamanan juga menerapkan penjagaan berlapis dan penonton harus menunjukkan seluruh barang bawaan saat hendak masuk stadion.

10 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply