Hongaria Setelah 44 Tahun Silam

Hongaria Setelah 44 Tahun Silam

Dulu sekali Hongaria pernah dikenal sebagai negara sepakbola tangguh di Eropa. Tapi mereka sudah lama tak jadi raksasa lagi, terutama sejak 44 tahun silam.

Piala Eropa 1972 adalah kali terakhir Hongaria tampil di kejuaraan antarnegara Eropa. Ketika itu mereka masih perkasa dan finis di tempat keempat.

Setelah itu Hongaria menjadi tim biasa-biasa saja karena di Piala Dunia 1974, 1982 dan 1986, sudah kandas di fase grup. Sejak itu mereka bahkan tak pernah lagi tampil di putaran final turnamen besar, baik Piala Dunia maupun Eropa.

Maka ketika Balasz Dzsudzak dkk. lolos ke Prancis 2016, dengan menyingkirkan Norwegia di babak playoff –, inilah sejarah baru buat negara yang pernah melahirkan dua penyerang legendaris sepanjang masa: Ferenc Puskas dan Sandor Kocsis.

Puskas hingga kini tercatat sebagai top skorer Hongaria dengan torehan 84 gol dari 85 pertandingan internasional. Ia juga melegenda bersama Real Madrid, ketika melesakkan 225 gol dari 233 pertandingan!

Kocsis tak kalah hebat dengan Puskas. Dia mengoleksi 75 gol internasional dan meraih sukses besar bersama FC Barcelona. Duet Puskas dan Kocsis membawa Hongaria ke level yang sangat tinggi di era pertengahan 40 sampai 50-an.

Puncak kejayaan Hongaria adalah saat mencapai babak final Piala Dunia 1954, sebelum dikalahkan Jerman Barat dengan skor 3-2. Kocsis keluar sebagai top skorer dengan 11 gol. Hongaria juga tercatat sebagai tim yang paling produktif dengan menghasilkan 27 gol dari 5 pertandingan! Mereka menyikat Korea Selatan 9-0 dan Jerman Barat 8-3 di fase grup, serta menekuk Brasil 4-2 di perempatfinal dan menang 4-2 pula atas Uruguay di semifinal.

Kini, setelah puluhan tahun redup, apakah yang bisa diharapkan Hongaria?

“Kami ingin menunjukkan bahwa kami di sini bukan kebetulan. Kami bekerja keras… dan kami ingin menunjukkan bahwa kami pantas berada di sini,” ucap pelatih Bernd Storck seperti dikutip Reuters, menjelang pertandingan timnya melawan Austria hari Selasa (14/6/2016) malam.

“Bagi kami, ini pertandingan yang bersejarah karena kami kembali ada di sebuah turnamen besar…,” tambahnya.

Selain Austria, Hongaria juga bersaing dengan Portugal dan Islandia di Grup F.

Prediksi Anda, sejauh mana Hongaria bertahan di Piala Eropa ini?

14 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply