Bunuh diri McAuley antar Wales ke perempat final

Bunuh diri McAuley antar Wales ke perempat final

Tim nasional sepakbola Wales berhasil melangkah ke babak perempat final Piala Eropa 2016 berkat satu gol bunuh diri bek Irlandia Utara, Gareth McAuley, di Stadion Parc des Princes, Paris, Prancis, Minggu dini hari WIB.

Gol bunuh diri itu dicetak McAuley pada menit 75 saat berusaha menghalau umpan silang Gareth Bale kepada Hal Robson-Kanu, dan menjadi satu-satunya gol dalam laga 16 besar yang berakhir dengan skor 1-0 untuk kemenangan Wales tersebut.

Pencapaian menjejaki babak perempat final tentu bukan prestasi remeh bagi sebuah negara yang baru pertama kali mengikuti putaran final Piala Eropa.

Meski demikian, Irlandia Utara patut pulang kampung dengan kepala tegak mengingat mereka juga menyandang status tim debutan.

Sayangnya laga yang menjadi edisi kedua Derby Britania Raya di putaran final Piala Eropa 2016 –setelah laga Wales kontra Inggris di babak penyisihan Grup B– tak banyak diwarnai peluang, karena secara keseluruhan hanya 12 kali percobaan tembakan yang berhasil dilepaskan oleh kedua tim.

Irlandia Utara yang hanya memiliki 44 persen pengendalian bola sepanjang 90 menit cuma berhasil melepaskan lima kali percobaan tembakan yang tiga di antaranya menemui sasaran.

Sebaliknya, Wales yang tampil dominan juga kesulitan menemukan akurasi, dari tujuh kali percobaan tembakan hanya sekali menemui sasaran dan itupun berupa sepakan bola mati dari kaki Bale pada menit 58.

Hanya saja, eksekusi Bale itu masih berhasil diantisipasi penjaga gawang Michael McGovern sekaligus menghentikan rekornya sebagai pemain yang hanya mencetak gol di tiga laga putaran final Piala Eropa 2016 secara beruntun.

Wales di babak perempat final yang berlangsung di Stadion Pierre-Mauroy, Lille, Jumat (1/7), akan menghadapi pemenang dari laga Hongaria melawan Belgia.

Berikut susunan pemain kedua tim seturut laman resmi UEFA.

Wales (3-5-2): Wayne Hennessey (PG); James Chester, Ashley Williams, Ben Davies; Chris Gunter, Joe Allen, Joe Ledley (Jonathan Williams), Aaron Ramsey, Neil Taylor; Sam Vokes (Hal Robson-Kanu), Gareth Bale
Pelatih: Chris Coleman

Irlandia Utara (4-5-1): Michael McGovern (PG); Aaron Hughes, Gareth McAuley (Josh Magennis), Craig Cathcart, Jonny Evans; Jamie Ward (Connor Washington), Steven Davis, Oliver Norwood (Niall McGinn), Corry Evans, Stuart Dallas; Kyle Lafferty
Pelatih: Michael O’Neill

34 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply