‘Roma Kurang Tenang dan Kurang Berkarakter’

‘Roma Kurang Tenang dan Kurang Berkarakter’

AS Roma gagal mempertahankan posisi unggul dan akhirnya bermain imbang di kandang Viktoria Plzen. Giallorossi disebut tampil kurang tenang dan berkarakter.

Roma bermain imbang 1-1 ketika bertandang ke Doosan Arena, Jumat (16/9/2016) dinihari WIB di matchday 1 Liga Europa. Skuat besutan Luciano Spalletti unggul lebih dulu lewat penalti Diego Perotti di menit ke-5, namun kemudian kebobolan hanya enam menit berselang.

Bergetarnya gawang Alisson terjadi karena kesalahan pertahanan Roma mengantisipasi bola umpan silang. Juan Jesus gagal menjaga Marek Bakos sehingga penyerang Plzen itu bisa menyundul bola dengan leluasa.

Roma pada prosesnya bermain dominan dalam penguasaan bola, di mana persentasenya mencapai 59%. Namun tingginya persentase penguasaan bola itu tak serta merta berarti Roma mengontrol permainan dengan baik.

Mereka gagal menekan ancaman Plzen hingga seminimal mungkin dan malah kerap gugup saat bertahan. Plzen tercatat hanya punya enam percobaan, tapi lima di antaranya mengarah ke gawang. Sedang Roma punya sembilan upaya dan cuma tiga yang tepat sasaran.

Soal kegagalan menjaga keunggulan, pelatih Roma Luciano Spalletti menyebut timnya kurang tenang dan kurang bisa menunjukkan mentalitas layaknya tim yang sedang memimpin.

“Kami bisa dan harus bekerja lebih banyak dan lebih baik. Kami juga sudah sempat memimpin dan bisa saja mengambil kontrol pertandingan, karena kami punya kesempatan itu,” ujarnya kepada Sky Sport Italia.

“Alih-alih itu berubah menjadi sebuah laga yang menuntut fisik dan itu memberikan mereka keuntungan. Kami kebobolan sebuah gol yang jelas bisa dihindari.”

“Kalau Anda tak mengambil kontrol dari sebuah situasi di arena-arena ini, maka lawan akan memainkannya secara habis-habisan. Kami harus lebih rileks dan menunjukkan karakter lebih besar. Kami harus melakukan lebih banyak hal,” tambahnya seperti dikutip Football Italia.

Roma sementara ada di peringkat dua Grup E dengan hasil ini. Austria Vienna menjadi pemimpin klasemen sementara usai menang 3-2 atas Astra Giurgiu.

36 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply