Italia Dinilai Belum Memuaskan, tapi Ventura Dapat Pembelaan

Italia Dinilai Belum Memuaskan, tapi Ventura Dapat Pembelaan

Penampilan Italia dalam dua pertandingan internasional terakhir dinilai belum memuaskan. Pelatih Giampiero Ventura pun disorot. Namun, FIGC membelanya.

Italia bermain imbang 1-1 dengan Spanyol dan menang 3-2 atas Makedonia dalam dua pertandingan terakhir. Namun, pada laga melawan Makedonia, Italia sempat tertinggal 1-2, sebelum dua gol dari Ciro Immobile menyelamatkan mereka dari kekalahan.

Laga melawan Spanyol sendiri meninggalkan kesan yang kurang menyenangkan untuk pendukung Italia. Mereka tak puas melihat Italia didominasi oleh Spanyol, kendati pun tampil agresif menjelang akhir babak kedua.

Ventura, sebagai nahkoda tim, jelas disorot. Menurut Gianluigi Buffon, kiper sekaligus kapten tim nasional Italia, Ventura mencoba menawarkan gaya bermain baru. Buffon pun membela keputusan pelatihnya itu.

Kini, pembelaan diberikan oleh Presiden FIGC (Federasi Sepakbola Italia), Carlo Tavecchio. Menurutnya, Ventura masih membutuhkan waktu. Oleh karenanya, permainan yang dipertontonkan belakangan ini dinilainya tidak buruk-buruk amat.

“Yang lain boleh bilang bahwa kritik untuk Ventura benar adanya. Tapi, buat saya, itu berlebihan. Kalau kami kalah (dari Makedonia) baru lain ceritanya,” ujar Tavecchio seperti dilansir Football Italia.

“Yang kami dapat kemarin (Minggu lalu, red) adalah hasil yang positif, baik dari segi posisi kami di klasemen dan usaha yang ditunjukkan oleh pelatih.”

Saat ini, Italia duduk di posisi kedua klasemen Grup G zona UEFA pada kualifikasi Piala Dunia 2018 dengan nilai 7, sama dengan nilai Spanyol yang berada di posisi pertama. Tavecchio juga senang melihat Ventura yang memutuskan memanggil beberapa pemain muda ke skuat Italia.

“Penurunan itu biasa ketika pelatih mencoba ide-ide baru. Dia fokus kepada para pemain muda, kita punya harapan.”

“Selanjutnya bakal ada laga melawan Lichtensstein dan Albania, kami masih punya waktu sebulan, pelatih akan mengevaluasi semuanya dan ada beberapa pemain penting yang akan kembali,” kata Tavecchio.

47 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply