Sengit, Lima Tim Teratas Premier League Cuma Berjarak Satu Poin

Sengit, Lima Tim Teratas Premier League Cuma Berjarak Satu Poin

Pekan sembilan Premier League memunculkan serangkaian laga yang berakhir menarik. Hasilnya adalah papan atas yang ekstra sengit dengan lima tim hanya terpaut satu poin saja.

Manchester City kembali gagal meraih kemenangan setelah ditahan Southampton 1-1. Meski cuma dapat satu angka, The Citizens masih bisa mempertahankan posisi mereka di puncak klasemen dengan poin 20.

City dikuntit ketat oleh Arsenal dan Liverpool, yang keduanya cuma kalah selisih gol saja. Meski sudah payah Liverpool menundukkan West Bromwich Albion 2-1, sementara laju kemenangan Arsenal diredam Middlesbrough dalam laga yang tuntas dengan 0-0.

Kemenangan besar atas Manchester United membuat Chelsea kini ada di posisi empat klasemen. Koleksi poin mereka yang berjumlah 19 sama dengan yang dipunya Tottenham Hotspur di urutan lima.

Manchester City (20 poin, +11)

Enam kemenangan beruntun jadi awal bagus City bersama Guardiola, sebuah rangkaian yang disempurnakan oleh kemenangan 2-1 dalam Derby Manchester. Sampai saat itu City diprediksi akan menjalani sebuah musim sukses bersama pelatih barunya.

Tapi hasil imbang 3-3 saat berhadapan dengan Celtic mengubah itu semua. Sejak laga itu mereka belum pernah lagi menang. Berturut-turut City kalah dari Tottenham Hotspurs, berimbang lawan Everton dan Southampton, plus digilas Barcelona di Liga Champions. Ini merupakan rangkaian hasil laga terburuk Guardiola dalam tujuh tahun terakhir.

City tentu saja harus cepat-cepat bangkit dengan menyudahi rentetan hasil buruk tersebut. Peluang itu terbuka di tengah pekan ini saat menghadapi MU di Piala Liga Inggris.

Meski tengah tersendat, City sejauh ini masih menjadi kandidat terkuat juara menurut bursa taruhan di Eropa.

Arsenal (20 poin, +10)

Mungkinkah Arsenal kembali menjadi juara Premier League di musim perayaan 20 tahun Arsene Wenger? Sejauh ini kans tersebut terbuka lebar. Meski mengawali musim dengan kacau (kalah 3-4 oleh Liverpool di Emirates Stadium dan berimbang 0-0 dengan Leicester), The Gunners kini menjadi salah satu klub dengan performa terbaik dalam setidaknya sebulan ke belakang.

Enam kemenangan beruntun didapat Mesut Oezil dkk, sebelum akhir pekan lalu mereka tiba-tiba tersumbat saat diredam Middlesbrough 0-0. Laga tersebut sejatinya merupakan peringatan buat Wenger kalau masih ada pekerjaan rumah yang harus dia tutaskan bersama ‘Gudang Peluru’.

Pekerjaan rumah tersebut harus cepat dituntaskan Wenger karena dua pekan mendatang mereka ditunggu dua laga berat. Arsenal akan menjalani Nort London Derby dengan menjamu Tottenham Hotspur di pekan 11 dan dilanjutkan dengan perjalanan ke Manchester United sepekan setelahnya.

Membantu mendongkrak performa Arsenal sejauh ini adalah gemilangnya Theo Walcott dan Mesut Oezil yang tiba-tiba saja punya selera gol tinggi – meski ‘kompensasinya’ dia belum bikin satupun assist.

Liverpool (20 poin, +9)

The Reds mengawali musim dengan W1 D1 L1 di tiga pertandingan pertamanya. Namun setelah itu mereka berlari cepat menuju papan atas klasemen. Lima kemenangan dan satu hasil imbang jadi capaian Liverpool dalam enam laga terakhirnya di Premier League.

Skuat arahan Jurgen Klopp juga meraih hasil-hasil oke saat berhadapan dengan tim-tim besar. Setelah mengalahkan Arsenal di pekan pembuka, mereka mengimbangi Tottenham 0-0, mengalahkan Chelsea 2-1, dan bermain imbang tanpa gol dengan Manchester United.

Sepakbola ‘Rock n Roll’ ala Klopp masih akan menjadi salah satu yang paling menarik untuk diikuti sepanjang musim ini. Tidak berkompetisi di Eropa membuat ‘Si Merah’ punya banyak keleluasaan untuk tampil habis-habisan di Premier League.

Sengit, Lima Tim Teratas Premier League Cuma Berjarak Satu PoinFoto: Action Images via Reuters / Ed Sykes

Laju oke Liverpool berpeluang akan terus berlanjut jika melihat lawan-lawan mereka selanjutnya. Hingga pertengahan Desember Jordan Henderson dkk akan berhadapan dengan Crystal Palace, Watford, Southampton, Sunderland, Bournemouth, West Ham United dan Middlesbrough. Lawan terdekat yang berpotensi menjegal mereka adalah Everton pada 19 Desember.

Chelsea (19 poin, +10)

Antonio Conte mengawali kerjanya di Chelsea dengan tiga kemenangan beruntun. Dia kemudian merasakan betapa besarnya tekanan manajer Premier League saat dalam tiga laga beruntun cuma dapat satu poin (imbang dengan Swansea, serta kalah atas Liverpool dan Arsenal). Beberapa media Inggris langsung memunculkan calon pengganti Conte ketika itu.

Sengit, Lima Tim Teratas Premier League Cuma Berjarak Satu PoinFoto: Laurence Griffiths/Getty Images

Mantan pelatih Juventus dan Italia itu kemudian menjawab dengan kemenangan-kemenangan meyakinkan. Dalm tiga pertandingan terakhir di Premier League Chelsea rata-rata melesakkan tiga gol. Mereka mengawali dengan keunggulan 2-0 atas Hull City, menggilas Leicester City 3-0 dan meraih kemenangan gemilang 4-0 atas Manchester United akhir pekan kemarin.

Sama seperti Liverpool, Chelsea akan diuntungkan karena mereka tak berkompetisi di Eropa. Tapi tentu saja The Blues tak bisa bepuas karena ada dua laga berat menanti di akhir November dan awal Desember saat harus menjamu Tottenham serta bertamu ke Man City.

Tottenham Hotspur (19 Poin, +9)

Ikut persaingan menjadi juara hingga penghujung musim lalu, The Lillywhites ditantang untuk bisa mengulang hal serupa di musim ini. Selepas pekan sembilan, Spurs memberi indikasi positif.

Kemenangan 2-0 atas City menjadi capaian tertinggi Spurs sejauh ini. Tapi mereka malah tersendat setelahnya setelah berturut-turut diimbangi dua tim papan bawah: 1-1 dengan WBA dan 0-0 saat bertamu ke Bournemouth.

Dua hasil pertandingan itu adalah peringatan dini buat Spurs karena dalam beberapa pekan mendatang mereka ditunggu tiga laga derby. Diawalo dengan lawatan ke Arsenal pada pekan 11, Tottenham lantas akan menjamu West Ham United dan kemudian melawat ke Chelsea di pekan 13.

Itu bisa jadi masalah besar buat Mauricio Pochettino lantaran dia belum akan bisa memainkan Harry Kane dalam waktu dekat. Son Heung-min memang tengah oke dengan empat gol di Premier League sejauh ini, pun begitu dengan Delle Ali yang kian matang. Tapi dua hasil imbang dengan dua tim lemah menunjukkan Spurs sangat butuh Kane. Sayangnya sejauh ini Vincent Janssen belum berkontribusi banyak di lini depan.

37 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply