Timnas Thailand Cemerlang, Sponsor Datang

Timnas Thailand Cemerlang, Sponsor Datang

Kesuksesan tim nasional Thailand dalam tiga tahun terakhir membuat nasib para penggawanya mulai berubah. Bukan hanya jadi sosok-sosok paling dikenal di Thailand, mereka pun kini akrab dengan berbagai sponsor.

Menurut sang pelatih, Kiatisuk Senamuang, hal ini terjadi ketika Thailand sukses menembus semifinal Asian Games 2014.

Di fase grup, Thailand yang tergabung dengan Indonesia, Maladewa, dan Timor Leste memuncaki klasemen dengan tiga kemenangan, mencetak 11 gol dan tanpa kebobolan.

Di babak 16 Besar mereka menyingkirkan China dan kemudian menundukkan Yordania di perempat final. Meski pada akhirnya disingkirkan Korea Selatan di semifinal, rentetan kemenangan di Asian Games tetap menjadi dorongan berharga bagi kesebelasannya.

“Para pemain menjadi terkenal meski kami pulang tanpa piala dan medali,” kata Kiatisuk.

Di bawah Kiatisuk, Thailand memenangi SEA Games 2013, Piala AFF 2014, dan juga jadi satu-satunya negara Asia Tenggara yang menembus fase terakhir kualifikasi Piala Dunia 2018.

Menurut Kiatisuk, kesuksesan Thailand membuat merek-merek produk olahraga, pakaian, alat elektronik, dan perusahaan makanan dan minuman kemudian merekrut para pemain tim Gajah Perang. Wajah Kiatisuk juga terpampang di banyak papan iklan di berbagai pelosok Thailand.

“Sebelumnya, jika sponsor-sponsor Thailand mencari wajah untuk mewakili produk mereka, maka mereka akan memiliki penyanyi dan aktor. Sekarang mereka mencari pesepak bola,” ujar Kiatisuk.

“Sekarang mereka menjadi para pesepak bola. Ini bagus untuk para pemuda Thailand karena kini mereka tahu bahwa jika mereka berlatih keras, mereka bisa menjadi bintang yang besar dan melihat wajah mereka sendiri di iklan.”

Meski demikian, Kiatisuk mewanti-wanti agar kesuksesan tersebut tidak membuat para pemainnya lengah. Ia juga menerapkan peraturan yang ketat bagi para pemainnya, yaitu tidak boleh merokok, minum, berpesta, judi, atau bermain kartu.

“Jika salah satu staf, media, atau saya sendiri memergoki mereka melanggar aturan tersebut, mereka harus angkat koper dan pulang.”

Kiatisuk dan timnas Thailand kini bersiap menghadapi tuan rumah Myanmar di semifinal pertama Piala AFF 2016 yang akan digelar 7 Desember mendatang.

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply