Rumadi & Hery Kiswanto Terima SK Pencabutan Sanksi Sepak Bola Gajah dari PSSI

Rumadi & Hery Kiswanto Terima SK Pencabutan Sanksi Sepak Bola Gajah dari PSSI

PSSI memutihkan hukuman untuk para pelaku sepakbola gajah laga Divisi Utama antara PSS Sleman melawan PSIS Semarang. Surat keputusan itu diterima klub hari ini.

Pada 26 Oktober 2014, terjadi kasus sepakbola gajah saat laga babak delapan besar Divisi Utama antara PSS melawan PSIS. Kedua tim tak berniat bertanding untuk memenangi pertandingan, karena ingin menghindari Pusamania Borneo FC.

Di akhir laga, PSS akhirnya menang 3-2. Semua gol itu merupakan hasil bunuh diri. Ketua komisi disiplin yang saat itu diketuai oleh Hinca Panjaitan, menjatuhkan hukuman seumur hidup kepada para pelakunya.

Seiring dengan pergantian pengurus, kini PSSI diketuai Edy Rahmayadi, hukuman itu kemudian dihapuskan. Dua tahun setelah hukuman dijatuhkan, para pihak yang terlibat di sepakbola gajah bisa berkiprah lagi di kancah sepakbola nasional.

Pemberian surat keputusan pemutihan itu dibenarkan oleh Direktur operasional PT Putra Sleman Sembada, Rumadi.

“Hari ini surat datang lewat email, saya belum membaca detailnya. Yang jelas, pemain-pemain sama pelatihnya,” ujar Rumadi dalam perbincangan dengan detikSport, Senin (23/1/2017).

Senada, Hery Kiswanto yang kala itu menjadi pelatih PSS Sleman juga menyebut kalau surat keputusan dari PSSI soal pencabutan hukuman sudah diterimanya.

“Saya ditelepon oleh exco PSSI melalui salah satu anggota komisi etik, Pak Laurent pada Jumat atau Sabtu. Saya diminta datang untuk ambil surat pada hari Sabtu tapi karena saya tidak bisa, baru hari Minggu saya ke kantor PSSI yang di Kuningan. Mungkin kalau yang lain suratnya dikirim ke klub masing-masing, tapi saya ambil sendiri pada hari Minggu,” tutur pria yang akrab disapa Herkis itu.

Menurutnya dalam surat itu memuat nama-nama seluruh nama terhukum kasus sepakbola gajah. “Semua diampuni,” ucap dia.

Hingga berita ini diturunkan, PSSI belum memberikan pernyataan resmi. Mereka menjanjikan akan merilisnya malam ini.

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply