PSSI Pilih Calon Dewan FIFA yang Untungkan Indonesia

PSSI Pilih Calon Dewan FIFA yang Untungkan Indonesia

PSSI belum memastikan pilihan untuk kandidat di Dewan FIFA. Saat ditemui para wartawan di Sleman beberapa waktu lalu Sekjen PSSI Ade Wellington menegaskan, akan memilih kandidat yang dianggap menguntungkan sepak bola Indonesia.

AFC bakal menggelar Kongres pada 8 Mei 2017. Salah satu agendanya adalah memilih kandidat Dewan FIFA yang diwakili setiap konfederasi.

Untuk AFC, jatahnya ada empat wakil yang akan duduk di Dewan FIFA, satu merupakan kandidat perempuan.

Adapun untuk calon-calon dari kaum pria terdapat empat kandidat. Sedangkan dari kaum perempuan ada empat calon.

Masing-masing kandidat sudah mulai bergerilya ke asosiasi negara untuk mencari dukungan suara. Sebab, asosiasi anggota di setiap konfederasi yang menentukan dalam pemungutan suara nanti.

“Ada beberapa yang sudah datang. Presiden FA Korea Selatan kemarin sempat datang. Kemudian Presiden AFC juga akan datang bulan ini, kalau tidak salah tanggal 18 (Februari) nanti,” terang Ade.

“Ya, kami dengarkan apa yang bisa diberikan buat sepak bola Indonesia. Itu akan kami dukung.”

Penekanan utamanya, lanjut Ade, adalah manfaat yang bisa ditawarkan para kandidat untuk membangun sepak bola usia muda.

Kami ingin meminta cara mereka merekaberhasil ke peringkat 50 dunia misalkan. Lalu melihat itikad mereka membantu Indonesia bisa dipanggil ke sana, untuk bermain atau untuk latihan,” ucap Ade.

Ia memberi contoh di federasi sepak bola Jepang atau Korea Selatan, PSSI tentu akan meminta imbal balik agar dua atau tiga pemain bisa ditampung di sana.

“Kami tidak mungkin meminta uang. Pokoknya hanya yang memberi dukungan kepada kami. Kalau bisa, kami bisa bersinergi,” terang Ade.

Mantan manajer tim ASIOP ini menegaskan akan meminta dukungan strategis jika para kandidat ingin mendapat suara dari PSSI.

“Tentu ada kepentingan-kepentingan kami sebagai federasi sepak bola Indonesia untuk mintakan bantuan ke depannya, seandainya punya rencana,” terang Ade.

Misalnya, ia mencontohkan, keinginan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 atau U-17. “Myanmar saja pernah menjadi tuan rumah Piala Asia U-19. Kenapa Indonesia tidak bisa?” Ade menambahkan.

Para Kandidat Dewan FIFA dari AFC
Anggota Dewan FIFA FIFA (3 posisi):
1. Mr Zhang Jian (China PR)
2. Mr Mong Gyu Chung (Korea Republic)
3. Sheikh Ahmad Fahad Al-Sabah (Kuwait)
4. Mr Mariano V. Araneta Jr. (Philippines)

Anggota Dewan FIFA (perempuan/1 posisi):
1. Ms Moya Dodd (Australia)
2. Ms Mahfuza Akhter (Bangladesh)
3. Ms Han Un Gyong (DPR Korea)
4. Ms Susan R. A. Alshalabi (Palestine)

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply