Gilas Burnley 3-0, City Nyaman di Puncak Klasemen

Gilas Burnley 3-0, City Nyaman di Puncak Klasemen

Manchester City belum terbendung di Premier League. Mengandaskan Burnley 3-0, City nyaman memimpin klasemen dan jadi satu-satunya yang belum terkalahkan.

Menjamu Burnley di Etihad Stadium, Sabtu (21/10/2017) malam WIB, City sempat kesulitan menemukan celah di pertahanan Burnley. Situasi mulai membaik setelah eksekusi penalti Sergio Aguero di menit ke-30 membawa mereka memimpin.

Unggul membuat City bisa lebih nyaman mengontrol permainan dan memancing Burnley keluar. Tapi gol kedua baru tercipta di menit ke-73, lewat tandukan Nicolas Otamendi menyambut situasi sepak pojok. Dua menit kemudian, Leroy Sane memastikan City menang 3-0.

Kemenangan ini, diikuti kekalahan Manchester United di markas Huddersfield Town, membuat City membuka jarak di puncak klasemen. City kini memimpin dengan nilai 25, unggul lima angka dari MU di posisi kedua. Sementara Burnley turun ke posisi sembilan dengan 13 poin.

Jalannya pertandingan,

City langsung mengambil kendali permainan selepas sepak mula, tapi cukup kesulitan membuka celah di pertahanan Burnley. Di menit ketujuh Kevin de Bruyne mencoba melepaskan sepakan, tapi terlalu lemah untuk diantisipasi Nick Pope.

Solidnya pertahanan Burnley membuat City kesulitan menciptakan peluang. Baru di menit ke-20, mereka mengancam tamunya.

Leroy Sane melakukan tusukan dan mengirimkan umpan ke tengah kotak penalti. Bola disambut sepakan Bernardo Silva, tapi masih bisa dihalau oleh Pope.

Di menit ke-28, City mendapatkan penalti. Mulanya Pope menunjukkan kesigapan saat menghalau bola dari kaki De Bruyne yang merangsek.

Bola liar kemudian dikuasai Bernardo Silva, yang coba melewati kiper Burnley tersebut. Tapi upaya Pope untuk menerjang bola di kaki Bernardo Silva kali ini gagal. Lututnya mengenai kaki gelandang City itu dan berbuah pelanggaran.

Sergio Aguero maju sebagai eksekutor dan sukses mengecoh Pope dengan tendangan ke pojok kanan bawah gawang.

Di menit ke-39, Aguero menebar ancaman lain. Menusuk dari tengah, sepakan kerasnya cuma berakhir melebar ke kiri gawang.

Sebuah kesalahan di menit ke-42 nyaris berujung fatal untuk City. De Bruyne kehilangan penguasaan bola di dekat kotak penalti timnya, bola pada prosesnya jatuh di kaki Scott Arfield. Arfield coba mengarahkan tendangan, tapi membentur De Bruyne dan bola keluar lapangan.

City kembali melancarkan tekanan dan menciptakan kans semenit berselang. De Bruyne memainkan umpan terobosan dan diakhiri Aguero dengan tendangan mendatar. Upayanya dihalau Pope dengan kaki.

Memasuki masa injury time, City mengancam Burnley lagi. Sepakan keras Aguero kembali bisa dihalau Pope, bola pantulan lantas coba disambar Bernardo Silva tapi diblok bek Burnley. Babak pertama berakhir tak lama kemudian.

David Silva mencoba melepaskan sepakan di menit ke-56. Hasilnya cuma melesat ke samping kiri gawang.

Di menit ke-61, Walker mengirimkan umpan silang mendatar yang menggoda ke dalam kotak penalti. Tapi Aguero gagal menyocornya di depan gawang dan tak ada pemain City lain yang menyelesaikannya.

City menggandakan keunggulan di menit ke-73. Tendangan Silva dari dalam kotak penalti dihentikan Pope dan berujung dengan korner. Umpan lambung Sane dari sepak pojok tersebut lantas ditanduk Nicolas Otamendi dan bersarang di pojok kanan bawah gawang Burnley.

Saat Burnley baru mencoba lebih bermain terbuka lagi, City menghukum mereka. Dari serangan cepat, De Bruyne memberikan umpan terobosan ke Sane yang berdiri bebas di sisi kiri. Sane menyelesaikannya dengan tenang lewat tendangan mendatar yang menaklukkan Pope.

City bisa saja menambah gol di menit ke-85, saat Gabriel Jesus mendapatkan bola liar di dalam kotak penalti dan tinggal menghadapi Pope. Tapi sepakannya malah membentur tubuh kiper Burnley tersebut dan tak ada gol.

Sane mendapatkan situasi serupa dengan saat mencetak gol sebelumnya di menit ke-93. Tapi kali ini sepakannya terlalu melebar ke kanan. Tak ada gol lain tercipta sampai pertandingan usai.

Susunan pemain:

Manchester City: Ederson, Walker, Stones, Aguero (Jesus 76′), De Bruyne (Guendogan 80′), Delph, Sane, Bernardo Silva, David Silva, Fernandinho (Toure 78′), Otamendi

Burnley: Pope, Lowton, Cork, Tarkowski, Mee, Wood (Barnes 20′), Brady, Hendrick (Gudmundsson 71′), Defour (Westwood 84′), Ward, Arfield

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply