Gara-gara Sponsor, Gelandang Belanda Batal ke Napoli

Gara-gara Sponsor, Gelandang Belanda Batal ke Napoli

Playmaker Everton, Davy Klaassen, batal bergabung dengan pemuncak klasemen Serie A, Napoli. Transfer pemain asal Belanda itu kolaps karena perkara image rights (hak citra).

Napoli sejatinya sudah mencapai kesepakatan untuk merekrut Klaassen, Rabu (31/1/2018). Everton juga sudah mengizinkan pemain cadangannya itu pindah ke Serie A.

Atas kegagalan transfer Klaasen ini, pelatih Everton, Sam Allardyce pun geleng-geleng.

“Saya melihat situasi yang sangat aneh,” ucap Allardyce terheran-heran, seperti dilansir Football Italia.

“Kontrak yang dia miliki dengan perusahaan olahraga adalah salah satu alasan kenapa dia batal hengkang. Kami kecewa, tapi dia mungkin jauh lebih kecewa dibanding kami karena dia gagal bermain untuk Napoli di Liga Italia,” Allardyce menjelaskan.

Sebelumnya, Presiden Napoli Aurelio De Laurentiis menegaskan bahwa pihaknya akan mengambil 100 persen hak citra Klaasen ketika mereka merekrutnya. Itu berarti, I Partenopei harus memutus seluruh ikatan kontrak sang pemain dengan sponsornya. Hal inilah yang diyakini menjadi penyebab kegagalan transfer Klaassen.

“Saya heran kenapa mereka tidak bisa mengatasi masalah ini,” Allardyce menambahi.

Untuk diketahui, klub-klub lain biasanya hanya akan mengambil 50 persen hak citra pemain, sedangkan sisanya tetap diberikan kepada pemain yang bersangkutan. Pemain akan mendapat royalti dari penggunaan citranya (wajah, dsb.) dalam iklan klub.

Sebagai contoh, sebuah klub yang disponsori oleh Adidas dapat menggunakan citra pemain yang disponsori oleh Nike untuk mengiklankan seragam baru mereka, sepanjang dalam iklan tersebut ada pemain lain dan hanya digunakan untuk mempromosikan klub.

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply