PT LIB: Penunjukkan Wasit Liga 1 Otoritas PSSI

PT LIB: Penunjukkan Wasit Liga 1 Otoritas PSSI

CEO PT Liga Indonesia Baru (LIB), Risha Adi Wijaya menegaskan pihaknya tidak mau disalahkan jika ada wasit yang tidak bagus saat bertugas. Mengingat saat ini apapun yang berhubungan dengan perangkat pertandingan adalah otoritasnya PSSI.

Hingga pekan ke-10 Liga 1, kinerja wasit masih menjadi sorotan. Teranyar, wasit Annas Apriliandi yang dianggap tidak becus memimpin laga Persela Lamongan versus Persija Jakarta di Stadion Surajaya, Lamongan, Jawa Timur, Minggu (20/5/2018).

Wasit asal Jawa Barat mengeluarkan keputusan kontroversial dengan mengesahkan gol Diego Assis pada menit ke-84, padahal asisten wasit kedua Jujuk Suharso sempat mengangkat bendera. Dalam tayangan ulang, Diego Assis mencetak gol dengan tangannya hingga akhirnya masuk ke gawang.

Banyak pihak menilai, jika LIB yang menentukan wasit yang akan memimpin sebuah laga. Terkait hal itu, Risha memberikan penjelasan bahwa penugasan wasit bukanlah ranah LIB, melainkan federasi.

“Sekali lagi PSSI sudah melakukan persiapan agar wasit siap untuk laga Liga 1. Maka dari itu mengenai penugasan-penugasan wasit tersebut memang sepenuhnya menjadi haknya federasi,” ujar Risha.

“Jadi biasanya itu PSSI akan mengirimkan nama-namanya, siapa-siapa saja yang bertugas dan pertandingan di mana saja kepada LIB. Nanti LIB hanya mengurusi tentang hotelnya, antar jemputnya dll. Nah kalau dari siapa yang bertugas di pertandingan mana, itu menjadi hak dan kewenangannya dari PSSI,” tambahnya.

Lebih lanjut, Risha menjelaskan pihaknya baru mengetahui siapa yang menjadi perangkat pertandingan setiap laganya minimum H-3 atau H-4. Alhasil ia tidak bisa memilih wasit terbaik untuk setiap laganya.

“Jadi contohnya sekarang kita akan memasuki match pekan ke-11, nah sekarang seharusnya sudah kami terima karena match week pekan ke-11 itu dimulai hari Rabu. Pokoknya penentuan dari siapa perangkat pertandingan dan di pertandingan apa itu menjadi kewenangannya PSSI,” tutupnya.

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply