Neuer: Timnas Jerman Sudah Legawa dengan Pensiunnya Oezil

Neuer: Timnas Jerman Sudah Legawa dengan Pensiunnya Oezil

Manuel Neuer masih tak mengerti dengan polemik seputar pensiunnya Mesut Oezil dari timnas Jerman. Tapi, pada akhirnya Neuer menerima sepenuhnya keputusan itu.

Oezil memutuskan pensiun dari timnas Jerman setelah derasnya kritik yang menimpa dirinya karena performa buruk di Piala Dunia 2018. Tersingkirnya Die Manschaft di fase grup disebut karena andil besar Oezil.

Oezil dianggap tak lagi tampil sepenuh hati bersama Jerman karena gaji besar yang diterimanya di level klub. Terlebih Oezil sudah meraih trofi Piala Dunia sehingga motivasnya pun dipertanyakan.

Hal ini makin memanaskan isu seputar foto bareng Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan yang viral sebelum Piala Dunia digelar. Saat itu Oezil dan Ilkay Guendogan diserang habis-habisan karena berpose dengan Erdogan.

Maka dari itu Oezil lantas memutuskan pensiun saja dari timnas demi mengakhiri konflik itu. Keputusan yang aman mengagetkan sejumlah pihak, terutama para pemain.

Neuer, yang merupakan kapten Jerman dan juga rekan setimnya, menyayangkan keputusan Oezil untuk tak lagi membela Jerman. Meski begitu, Neuer paham betul jika Oezil sudah kadung sakit hati dengan sikap publik terutama Federasi Sepakbola Jerman (DFB) yang menyudutkannya.

“Jika keduanya (Oezil dan Guendogan) atau pemain Jerman yang lain tampil oke di Piala Dunia, maka hal ini takkan terjadi,” ujar Neuer seperti dikutip FourFourTwo.

“Soal pensiunnya Oezil, itu adalah keputusan individu pemain,” sambungnya.

“Ketika ada pemain yang ingin pensiun maka itu adalah keputusan mereka sendiri. Anda harus mencari alasan yang tepat menurut Anda dan dalam kasus ini, Oezil sudah punya alasan tersendiri.” “Tentu saja kami (para pemain Jerman) menerima keputusan itu.””Dulu saja banyak pemain yang pensiun dari timnas juga setelah tampil di turnamen seperti Piala Eropa atau Piala Dunia,” tutup Neuer.

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply