PSSI Minta Pemain Timnas Indonesia U-16 Tak Diberi Beban

PSSI Minta Pemain Timnas Indonesia U-16 Tak Diberi Beban

Iwan menyatakan, PSSI tidak memberikan target juara kepada penggawa Indonesia U-16.

Staff umum PSSI Iwan Budianto berharap publik sepakbola nasional tidak memberikan beban terlalu besar kepada penggawa timnas Indonesia U-16 yang saat ini bertarung di Piala AFF U-16 2018.

Iwan mengatakan, skuat Indonesia U-16 sudah bermain bagus, dan menunjukkan karakter permainan yang enak ditonton. Walaupun demikian, berkaca dari sebelumnya, dia berharap masyarakat memberikan dukungan secara wajar tanpa membebani, karena target tim bukan menjadi juara.

“Sebenarnya timnas usia 16 ini adalah program yang disiapkan PSSI untuk mengikuti, atau mungkin lolos ke Olimpiade 2024. Sekarang apa yang sudah bagus ini tidak diberikan beban terlalu berat,” terangnya.

“Biar saja mereka main, kita berikan dukungan, dan kalau juara adalah bonus, karena turnamen U-16 adalah sarana untuk melatih agar mereka bisa semakin berkembang.”

Sebagai jalan untuk tujuan tersebut, PSSI mungkin akan mengatur pemain agar terpusat kondisinya mengingat untuk ikut kompetisi profesional tidak mungkin dilakukan.

“Timnas U-16 nanti akan tetap dikumpulkan dalam satu wadah dengan sistem promosi degradasi, semacam SAD. Tapi teknisnya berbeda dengan sebelumnya, karena mereka sudah pemain pilihan. Memang pilihan terbaiknya adalah menyebar ke klub dengan pematangan di kompetisi, tapi dengan usia 16-19 tahun nanti klub mana yang mau memainkannya di posisi reguler?” tanya Iwan.

Di sisi lain, Iwan meminta panpel juga memberikan rasa nyaman kepada peserta turnamen, meskipun menganggap situasi antara suporter Indonesia dan tim Malaysia masih dalam koridor normal.

“Indonesia dan Malaysia ya tidak semakin panas lah, biasa dalam sepakbola. Tetapi kami harus mengakui jika secara penyelenggaraan harus bisa lebih baik, harus dikoreksi, harus ditingkatkan security terhadap kenyamanan tim tamu selama di Sidoarjo,” tegasnya.

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply