Ini Dia Dua Pelatih Lokal Paling Konsisten Di Liga 1

Ini Dia Dua Pelatih Lokal Paling Konsisten Di Liga 1

Sederet pelatih lokal menghiasi Liga 1 2018 hingga pekan ke-21. Mereka sejatinya tidak kalah bersaing dengan pelatih asing. Memang tidak semuanya bernasip baik.

Sebut saja Iwan Setiawan yang harus digantikan Dejan Antonic, lalu Joko Susilo yang harus diturunkan status dan digantikan oleh Milan Petrovic akibat hasil minor yang didapatkan Arema di awal musim.

Tapi ada juga pelatih lokal yang konsisten saat ini. Sebut saja Widodo Cahyono Putro yang cukup menonjol dan konsisten bersama Bali United. Pelatih berlisensi A AFC itu menangani tim Serdadu Tridatu sejak 2017. Musim lalu, Widodo berhasil membawa timnya menjadi runner up Liga 1 2017.

Musim ini, hingga pekan 20, Bali United masih berada dalam trek merebut titel juara dengan berada di peringkat ketiga klasemen sementara, selisih tiga poin dari sang pemuncak, Persib Bandung.

“Permainan berkembang terus, sepak bola berkembang terus, ilmu kepelatihan juga harus terus berkembang. Jika melihat tabel klasemen, Widodo memiliki kualitas untuk bersaing dengan pelatih asing,” ungkap Direktur Teknik PSSI, Danurwindo.

Selain Widodo, ada kiprah Aji Santoso bersama Persela Lamongan. Kendati berada di peringkat 9 klasemen sementara hingga pekan 20, namun kegemaran Aji menggunakan pemain muda pantas diberikan kredit.

Arif Satria (23 tahun), Ahmad Subagja Basith (22 tahun), Birrul Walidain (23 tahun) dan Fahmi Al Ayyubi (23 tahun) adalah deretan pemain muda yang cukup banyak mendapatkan menit bermain dari sang pelatih.

Berdasarkan data hingga paruh musim ini, Arif Satria tercatat telah tampil 1.260 menit, disusul Fahmi Al Ayyubi (936 menit), Birrul Walidain (839 menit) dan Ahmad Subagja Basith (770 menit).

Sementara itu terdapat beberapa pelatih lokal yang juga sudah menuai hasil adalah Rahmat Darmawan yang sempat konsisten dengan Sriwijaya FC. Sayang kasus penunggakan gaji yang mengakibatkan beberapa pemain harus pindah. Di klub barunya, Mitra Kukar, kerja keras RD juga sudah mulai berbuah hasil.

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply