Dulu Wonderkid, Valeri Bojinov Kini Sudah Main di 15 Klub Berbeda

Dulu Wonderkid, Valeri Bojinov Kini Sudah Main di 15 Klub Berbeda

Valeri Bojinov berusia 17 tahun saat memperkuat Bulgaria di Piala Eropa 2004. Digadang-gadang akan sukses, kariernya ternyata begitu-begitu saja.

Publik Bulgaria berharap banyak Bojinov akan bisa menjadi seperti Hristo Stoichkov, legenda sepakbola negara tersebut di tahun 1990-an. Jika menilik awal karier Bojinov, tak salah kalau dia diprediksi akan punya masa depan cemerlang.

Dia baru berusia 15 tahun dan 11 bulan saat menjalani debut bersama Lecce di Serie A. Bojinov pun menjadi pemain asing termuda yang pernah bermain di Serie A kala itu.

Berposisi sebagai striker Bojinov punya atribut komplet di usia yang masih belia. Kedua kakinya sama-sama hidup, kepalanya juga tak kalah tajam. Di musim 2002/2003 dia membuat dua gol dari 15 penampilan, semusim berselang jumlah golnya tiga setelah diberi kesempatan main di 28 laga. Bukan angka yang buruk mempertimbangkan usianya yang masih hijau.

Atas potensi besar yang dipunya, dia dilabeli wonderkid.

Kemampuan Bojinov membuat Fiorentina tertarik. Tapi di Kota Florence pun dia tak bertahan lama. Juventus memutuskan meminjamnya ketika terdegradasi ke Serie B. Bojinov ikut punya andil mengantar Bianconeri kembali promosi.

Di titik ini karier Bojinov masih terlihat menanjak. Apalagi dia kemudian dibeli Manchester City. The Citizens ketika itu tengah berupaya bangkit menjadi penantang Premier League bersama pemilik baru Thaksin Shinawatra dan manajer Sven-Göran Eriksson.

Tapi di Kota Manchester Bojinov menjalani periode suram. Dua kali cedera parah membuat dia harus lebih sering berada di ruang perawatan. Di sana kariernya mulai tersendat, dan malah berangsur meredup.

Dia kemudian dipinjamkan ke Parma, untuk kemudian dapat kontrak permanen di sana. Dalam beberapa tahun berikutnya Bojinov terus berpindah-pindah klub. Dia sempat merasakan bermain di Portugal bersama Sporting, lalu dipinjamkan ke Lecce, Verona, dan Vicenza.

Perjalanannya berlanjut ke Levski Sovia, Ternana, Partizan, Meizhou Hakka, Lausanne-Sport, dan Rijeka. Pada Rabu (12/9/2018) kemarin dia resmi menandatangani kontrak dengan Botev Vratsa.

Botev Vratsa adalah klub yang baru promosi di level teratas sepakbola Bulgaria. Buat Bojinov itu merupakan klubnya yang ke-15.

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply